Soal PPG Pedagogik Terbaru 2020-2021
Soal PPG Pedagogik Terbaru 2020-2021 - Pedagogik merupakan ilmu yang mengkaji bagaimana membimbing anak, bagaimana sebaiknya pendidik berhadapan dengan anak didik, apa tugas pendidik dalam mendidik anak, apa yang menjadi tujuan mendidik anak.
Berikut ini kami sajikan Soal PPG Pedagogik Terbaru 2020-2021 dilengkapi dengan jawaban.
Salah satu langkah penyusunan silabus adalah merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator
pengembangnya sesuai dengan, kecuali ...
a. Potensi siswa
b. Mata pelajaran
c. Tujuan pembelajaran
d. Jenis tes
e. Karakteristik siswa
Perumusan indikator merupakan penjabaran dari...
a. Tujuan pembelajaran khusus
b. Kompetensi dasar
c. Tujuan pembelajaran umum
d. Materi pelajaran
e. Standar kompetensi
Salah satu prinsip dalam menyusun RPP adalah perbedaan individu siswa antara lain, kecuali...
a. Motivasi belajar
b. Minat belajar
c. Gaya belajar
d. Sistematis
e. Tingkat intelektual
Suatu proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif, dan rasional mengenai berbagai fenomena, baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan untuk mencapai tujuan tertentu. Pernyataan di atas merupakan pengembangan instrumen evaluasi...
a. Jenis non tes dalam bentuk Sosiometri
b. Jenis non tes dalam bentuk Angket
c. Jenis non tes dalam bentuk obsevasi
d. Jenis non tes dalam bentuk Wawancara
e. Jenis non tes dalam bentuk Studi Kasus
Urutan langkah-langkah menyusun kisi-kisi soal adalah 1. Membuat soal, 2. Menyusun Kisi-Kisi, 3. Analisis Silabus, 4. Membuat Kunci Jawaban, 5. Menyusun Pedoman Penskoran, 6. Menyusun Lembar Jawaban
a. 3-2-1-6-5-4
b. 1-2-3-4-5-6
c. 3-2-1-6-4-5
d. 3-2-1-5-6-4
e. 6-5-4-2-3-1
Sebuah teori belajar secara filosofis tentang perspektif bahwa para peserta didik memproses informasi dan pelajaran melalui upayanya mengorganisir, menyimpan, dan kemudian menemukan hubungan antara pengetahuan yang baru dengan pengetahuan yang telah ada merupakan teori belajar...
a. Empiris
b. Konstruktivisme
c. Behaviorisme
d. Afektifisme
e. Kognitifisme
Kelemahan tes menjodohkan adalah...
a. Cocok mengukur informasi yang berbentuk fakta
b. Sulit mengukur proses mental yang tinggi
c. Untuk mengukur proses mental yang rendah
d. Pembuatan soal mudah
e. Siswa bisa menafsirkan jawaban secara bebas
Teknik tes cocok digunakan untuk menguji aspek...
a. Psikomotorik
b. Psikomotorik dan afektif
c. Kognitif dan psikomotor
d. Afekif
e. Kognitif
Aktivitas guru tersebut menggunakan pembelajaran yang berbasis...
a. Behaviorisme
b. Konstruktivise
c. Humanisme
d. Kognitivisme
e. Empirise
Jika sebuah respon menghasilkan efek yang memuaskan, maka hubungan Stimulus - Respons akan semakin kuat. Sebaliknya, semakin tidak memuaskan efek yang dicapai respons, maka semakin lemah pula hubungan yang terjadi antara Stimulus- Respons merupakan teori belajar behaviorisme...
a. Law of Respondent Conditioning
b. Law of Effect
c. Law of Contigous Conditioning
d. Law of Exercise
e. Law of Readiness
Seorang guru yang memiliki pengetahuan luas tentang landasan kependidikan dan pemahaman terhadap subjek didik merupakan cerminan dari penguasaan kompetensi...
a. Pedagogik
b. Sosial
c. Pelayanan
d. Kepribadian
e. Profesional
Menurut Permendiknas No.16 Tahun 2007 kompetensi inti guru dalam cakupan kompetensi pedagogik diantaranya 1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, 2. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru, 3. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, 4. Berkomunikasi secara efekif, empatik dan santun dengan peserta didik
a. 1, 3, dan 4
b. 2 dan 4
c. 1 dan 3
d. 2, 3 dan 4
e. 1, 2, dan 3
Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional mencakup beberapa aspek klarifikasi 1. Substansi ilmu, 2. Landasan pendidikan, 3. Proses kependidikan dan keguruan serta pembelajaran
a. 1 dan 3
b. 1 saja
c. 1,2, dan 3
d. 2 dan 3
e. 1 dan 2
Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada...
a. Tugasnya sebagai motivator dan inspiratory
b. Perilaku yang sanggup mendapatkan amanah dan diteladani
c. Pengabdian yang tanpa pamrih
d. Tugasnya sebagai penyampai niai-nilai luhur masyarakat
e. Perbuatannya yang luhur
Ruang lingkup profesi keguruan meliputi tiga layanan yang harus dilakukan oleh guru, dari ketiga layanan tersebut yang berhubungan dengan kemampuan guru mengembangkan isi dan strategi pembelajaran adalah adalah...
a. Bimbingan dan konseling
b. Pembelajaran
c. Bantuan
d. Instruksional
e. Administrasi
Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian guru yaitu:
a. Standar kemampuan untuk menggambarkan kualifikasi seseorang baik secara kualitatif maupun kuantitatif dalam melandasi pelaksanaan tugasnya
b. Perilaku pribadi guru yang memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpancar dalam perilaku sehari-hari
c. Kecakapan kerja yang direalisasikan dalam perbuatan yang bermakna
d. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri
e. Performa yang mengarah pada pencapaian tujuan menuju kondisi yang diinginkan
Contoh pribadi guru yang melaksanakan tugasnya secara profesional, diantaranya...
a. Setiap hari datang ke sekolah selalu sebelum bel pagi
b. Melaksanakan peran guru sepanjang waktu
c. Membimbing anak les
d. Memeriksa semua tugas yang dikerjakan siswa
e. Membuat jurnal harian
Menjadi seorang guru adalah pilihan profesi. Banu lebih suka menjadi guru dibanding menjadi dokter atau insinyur. Banu memilih menjadi guru karena minat dan panggilan jiwa sehingga Banu mencintai pekerjaannya dan menjalanan profesinya dengan sungguh-sungguh. Banu dikatakan telah memiliki...
a. Profesi seorang guru
b. Karakter seorang guru
c. Prinsip seorang guru
d. Keterampilan seorang guru
e. Kepribadian seorang guru
Guru diharapkan mampu menfungsikan dirinya sebagai makhluk sosial dimasyarakat dan lingkungannya, sehinggga mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, orang tua dan masyarakat sekitar. Hal tersebut merupakan bagian dari kompetensi sosial guru. Sikap dibawah ini yang harus dihindari seorang guru sebagai cerminan kompetensi sosialnya adalah...
a. Bertindak subjektif
b. Tidak diskriminatif terhadap ras
c. Berkomunikasi secara empatik dan santun
d. Bersifat inklusif
e. Beradaptasi dengan lingkungan tempat bertugas
Kemampuan mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesiskan dan mengevaluasi sejumlah pengetahuan yang diajarkan merupakan aspek-aspek dari kompetensi...
a. Pengelolaan kelas
b. Penggunaan media
c. Perencanaan pembelajaran
d. Penguasaan bahan bidang studi
e. Pengelolaan program belajar mengajar
Segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya merupakan pengertian dari...
a. Teknologi media
b. Teknologi komunikasi
c. Teknologi komputer
d. Teknologi informasi
e. Teknologi informasi dan komunikasi
Salah satu dampak positif yang didapat dari penerapan TIK dalam pembelajaran PKn adalah...
a. Mengembangkan keterampilan siswa
b. Meningkatkan kualitas pembelajaran
c. Memperdalam akses terhadap pembelajaran
d. Memperluas pergaulan siswa
e. Menambah biaya pendidikan
Salah satu model pembelajaran berbasis komputer di mana guru memperkenalkan materi pelajaran baru kepada siswa dan kemudian ditindaklanjuti dengan latihan dan praktek merupakan pembelajaran berbasis komputer model...
a. Blended
b. Games
c. Tutorial
d. Simulasi
e. Drills
Penggunaan TIK dalam pembelajaran seperti fungsi teknologi lainnya harus memenuhi asas berikut kecuali...
a. Praktis, efektif, efisien
b. Efektif, menarik, mudah
c. Dinamis, mudah, efektif
d. Mudah, efektif, canggih
e. Praktis, mudah, dinamis
Salah satu kemampuan guru yang berkaitan dengan penyampaian informasi dan mempengaruhi hubungan sosial guru dengan masyarakat sekolah adalah...
a. Kemampuan mengenali karakteristik siswa
b. Kemampuan menguasai mata pelajaran
c. Kemampuan guru bekerjasama dengan rekan sejawat
d. Kemampuan berpenampilan
e. Kemampuan berkomunikasi yang efektif
Salah satu model pembelajaran berbasis TIK dibawah ini, kecuali..
a. E-Learning
b. Blended Learning
c. Computer based Instruction
d. Web Based Learning
e. Problem based Learning
Model pembelajaran Blended Learning adalah model pembelajaran yang...
a. Menggabungkan pembelajaran klasik dan modern
b. Menggabungkan pembelajaran di dalam ruangan dan di luar ruangan
c. Menggabungkan pembelajaran online dan tutorial
d. Menggabungkan pembelajaran mandiri dan terbimbing
e. Menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan e-learning
Yang merupakan prinsip penggunaan TIK dalam pembelajaran di kelas adalah 1. Canggih, 2. Efektif, 3. Menarik, 4. Optimal
a. 1)dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 2), 3) dan 4)
e. 1), 2) dan 3)
Beberapa keterampilan berkomunikasi yang perlu dimiliki oleh seorang guru kecuali...
a. Menguasai bahan
b. Menggunakan volume suara yang sesuai
c. Memiliki penampilan yang rapi dan sopan
d. Memiliki sikap bersahabat dan ramah
e. Kemampuan untuk menggunakan ejaan dan struktur kalimat yang benar
Urutan yang benar dalam aplikasi pembelajaran berbasis komputer adalah 1. pengguna memberi respon, 2. komputer menyajikan materi,3. pengguna mempelajari materi, 4. komputer mengajukan pertanyaan, 5. komputer memeriksa respon
a. 1)– 2) – 3) – 4) – 5)
b. 2) – 1) – 5) – 3) – 4)
c. 2) – 3) – 4) – 1) – 5)
d. 2)– 3) – 4) – 5) – 1)
e. 4) – 1) – 5) – 2) – 3)
Demikianlah informasi tentang Soal PPG Pedagogik Terbaru 2020-2021 dan jawaban, semoga membantu bpk/ibu semua peserta PPG. Salam Sukses.
Tidak ada komentar untuk "Soal PPG Pedagogik Terbaru 2020-2021"
Posting Komentar